Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Ahli Ekonomi – Materi Ekonomi Kelas X

Istilah ekonomi pertama kali diungkapkan oleh Xenophon. Ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu eikonomi, yang berasal dari kata oikos dan nomos. Òikos artinya rumah tangga, nomos artinya aturan. Jadi, dalam arti sempit ekonomi artinya aturan rumah tangga.
1. Pengertian Ilmu Ekonomi

             Ilmu Ekonomi semakin lama semakin berkembang sehingga banyak ahli ekonomi yang mendeskripsikan ilmu ekonomi. Berikut pengertian ilmu ekonomi menurut ahli ekonomi.

a. Adam Smith, mengatakan bahwa ekonomi ialah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.

b. J.B. Say, menyatakan bahwa ekonomi sebagai suatu kajian tentang peraturan yang bisa menentukan kekayaan.

c. J.S. Mill, ekonomi adalah ilmu praktis tentang produksi dan distribusi kekayaan.

d. Alfred Marshal, mengatakan bahwa ekonomi adalah studi tentang umat manusia dalam usaha mengkaji bagian dari tindakan individu dan sosial yang paling dekat dengan pencapaian dan penggunaan kesejahteraan materiel.

e. Penson, ekonomi adalah ilmu kesejahteraan materiel.

f. Lionel Robbins, mengatakan bahwa ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia sebagai kaitan antara tujuan (ends) dan sarana yang langka (scarce means) yang mempunyai banyak alternatif kegunaan.

g. Richard G. Lipsey, menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas.

h. N. Gregory Mankiw, menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat mengelola sumber-sumber daya yang langka.

i. Robert B.Elekund Jr dan Robert D. Tollisom, menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat yang mempunyai keinginan yang tidak terbatas memilih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memuaskan keinginan mereka.

j. Paul A. Samuelson, menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang cara orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam menggunakan sumber daya produksu yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan bebagai jenis komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi saat ini atau di masa datang, kepada berbagai orang atau kelompok dalam masyarakat.

          Secara umum, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari upaya manusia, baik sebagai individu maupun masyarakat dalam rangka melakukan pilihan penggunaan sumber daya yang terbatas guna memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas akan barang dan jasa.
Koin, Uang Kertas, Uang, Mata Uang
Dikutip dari buku Fitur

Leave a Comment