5 Hal Yang Wajib Disiapin Anak Kelas 9 SMP

Yang masih kelas 9 SMP mana suaranyaaaaa~~ Gaes, dicicil dari sekarang ya kepo jurusannya. Apalagi yg ingin masuk SMK, pilihannya banyaaaak banget. dalam artikel kali ini aku yakan memberi tahu kamu para adik-adik ku yang akan tamat SMP nih ,Sudah saatnya kamu fokus untuk masa depanmu wahai kamu adik adik ku kelas 9 SMP.

Graduation, Teen, High School, Student


Memikirkan matang” segala hal yang berhubungan dengan jurusan nanti saat SMA/SMK . nah kali ini kami akan memberikan kamu Hal yang wajib kamu siapin saat menginjak kelulusan dari SMP .


  • Recanakan setelah lulus mau langsung Kerja Atau Kuliah

Nah ini yang paling pertama yang wajib kamu pikirkan , nanti setelah tamat mau langsung kerja apa kuliah dulu nihh , jika kamu masih bimbang kamu bisa pikirkan dengan liat finansial keluarga kamu juga apakah nanti bisa membiayai kamu untuk kuliah .

Tapi bisa juga kamu mengambil kuliah dulu dengan sambil bekerja yang banyak orang yang mengatakan itu adalah hal yang mustahil , namun aku yakin kamu bisa adiku !

  • Pahami Perbedaan SMA/SMK sederajat

Perbedaan SMA dan SMK sangat sederhana seperti di SMA kamu akan mempelajari hal” yang bersifat umum seperti Ipa,ips dan matematika namun di SMK kamu memang disiapkan untuk siap terjun ke dunia kerja ketika kamu lulus nanti .

  • Cari tahu jurusan yang di SMA/SMK yang cocok sama kamu

Jangan sampai kamu salah jurusan deh ,nyesel pasti datang nya belakangnya kalo pindah jurusan itu nyesek lho ,mulai sekarang kamu riset tuh jurusan yang ada di SMA/SMK yang kamu tuju dan cari yang menurut kamu pas dengan passion kamu . Percaya deh kalo kamu srek dengan jurusan yang kamu pilih entar srek juga kalo udah lulusnya yeiii


  • Diskusi Rencana Sekolah Dengan Ortu 

Rembungin bareng orang tua kamu dan ingat pilihan orang tua adalah jalan terbaik yang diberikan tuhan , mana ada orang tua yang ingin anaknya menuju hal-hal yang salah . Bicara kan dengan baik-baik apa yang terbaik buat kamu ketika kamu lulus nanti 

  • Pertimbangkan Zonasi Juga Ya 

Dengan berlakunya sistem Zonasi sekarang mencari sekolah ada yang bagus ada yang dirugikan , mulai dari sekarang survei sekolah yang terdekat dengan kamu biar orang tua kamu ngak repot juga ngurusnya , banyak problem yang muncul akibat sistem zonasi ini jadi kamu harus memilih sekolah terdekat dengan mu . Dan ingat sudah tidak ada kata sekolah favorit lagi !


Leave a Comment